Saturday 5 July 2014


Kerja paruh waktu atau bahasa kerennya, freelance, bisa jadi cara lain buat mahasiswa yang mau cari uang tambahan. Tetapi tidak selalu mudah untuk dapat kerjaan freelance. Kalian yang mau coba kerja freelance tentu harus mempersiapkan diri dan berusaha mencari lowongan kerja paruh waktu. Ada beberapa tahapan yang bisa diikuti sebelum mencoba kerja freelance. Guardian, Sabtu (5/7/2014) merangkum hal tersebut:

Perluas kontak 
"Tawarkan diri" kalian kepada kantor atau klien potensial. Hal ini bisa dibantu dengan membuat email atau CV yang spekulatif. kedua hal tersebut bisa menjaring ketertarikan dari pihak yang melihat kalian berpotensi. Selain itu, kalian juga tidak boleh takut untuk memamerkan keahlian. 

Buat website 
Bekerja paruh waktu adalah cara yang tepat untuk membangun portfolio. Tetapi sebelumnya, user tentunya ingin mengetahui siapa kalian dan sebuah website bisa menjadi alat sempurna untuk menjadi bahan promosi. Baik untuk fotografer ataupun jurnalis lepas, menciptakan website bisa menjadi wadah tepat untuk promosi diri. 

Atur waktu tepat 
Sebelum memutuskan freelance, ada baiknya kalian lebih dulu mengatur waktu kuliah, aktivitas sosial dan istirahat. Jadwal yang sesuai dan istirahat cukup, bisa membantu mengoptimalkan kerja paruh waktu. 

Belajar memilih prioritas 
Memilih prioritas kerja freelance amat membantu mahasiswa yang ingin mencoba membangun karir dibarengi memperoleh nilai bagus. Memilih prioritas berarti bisa membagi waktu tenggat pekerjaan dan juga tenggat tugas kuliah. Gunakan masa liburan dengan bijak Jika kalian tidak bisa bekerja sambilan ketika waktu kuliah, mungkin ada baiknya mempertimbangkan menggunakan waktu liburan untuk bekerja paruh waktu. Ini menjadi cara lain untuk membangun jaringan dan tentunya memperbanyak pengalaman kerja. 

Digaji (tepat waktu)
Kerja sambilan kadang memerlukan waktu lebih saat dibayar. Buat kesepakatan dengan klien kalian sebelum digaji. Ini termasuk tata pembayaran atau seberapa sering kalian akan diberikan bayaran.

Penuhi keinginan kantor
Mereka yang memperkerjakan kalian adalah orang yang sangat penting dan mereka mengharapkan hasil yang memuaskan. Selalu memberitahu user kalian tentang apa yang sudah dicapai dan jangan pernah menjanjikan hal yang tidak akan pernah kalian penuhi! 

Belajar 
Belajar tentunya merupakan tugas utama kalian. Tentunya belajar tidak boleh kalian tinggalkan demi untuk mencari uang tambahan atau tidak ada gelar yang diraih di akhir perkuliahan.

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!