Friday, 27 June 2014

Dalam proses pengambilan gambar, OpenGL mengambil prinsip dari sebuah kamera. Dimana dalam hal ini, yang harus dilakukan adalah meletekkan posisi kamera lalu mencari posisi model objek yang akan ditangkap. Setelah itu agar hasilnya kelihatan seperti yang diinginkan maka kita memilih lensa yang cocok. Dan tahap terakhir adalah mencetak dalam foto film. Kontrol kamera OpenGL terdapat perintah void gluLookAt(GLdouble eyex, GLdouble eyey, GLdouble eyez, GLdouble centerx, GLdouble centery, GLdouble centerz, GLdouble upx, GLdouble upy, GLdouble upz. 

Untuk default setting kamera OpenGLnya (0,0,0) Proyeksi dan kamera OpenGL kita mengenal ada namanya projection tranformation. Jenis projection transformation adalah orthographic projection dan perspective projection. Orthographic projection adalah penunjukan parallel projection viewing volume tanpa foreshortening, proyeksi ini cocok untuk arsitektural drawing dan blue print. Sedangkan perspective projection adalah penunjukan suatu objek dilihat seberapa jauh dari sebuah kamera. Gerakan suatu kamera OpenGL dapat dimanipulasi dengan menggunakan operasi vektor seperti magnitude, cross product, dot product, vektor normal, penjumlahan dan pengurangan vektor. Dengan menggunakan operasi transformasi suatu vektor maka kita dapat membuat rotasi kamera OpenGL.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!